'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
NOTA KESEPAHAMAM ( MEMORANDUM OF UNDERSTANDING ) PIMPINAN DAERAH ‘AISYIYAH KOTA BANDAR LAMPUNG DAN DINAS KESEHATAN KOTA BANDAR LAMPUNG
30 Maret 2017 17:49 WIB | dibaca 578

 

 

Rabu  1 Rajab 1438 H / 30 Maret 2017 pukul 11.30 telah dilaksanakan MOU antara Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah kota Bandar Lampung dengan Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung bertempat di kantor Dinas kesehatan kota Bandar Lampung, dalam hal ini ibu Dra.H.Maryati Nasution sebagai ketua PDA KOTA Bandar Lampung berkedudukan sebagai pihak kesatu dan dr.H. Edwin Rusli.MKM Kepala Dinas Kesehatan sebagai pihak kedua.

Nota kesepahaman ini berisikan kerjasama dalam penanggulangan penyakit TB , TB-HIV dan TB MDR , dalam pelaksanaannya Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah kota  Bandar Lampung adalah organisasi yang diberi peran pada sector kesehatan non medis dan Dinas kesehatan kota Bandar Lampung adalah institusi pemerintah yang bertanggung jawab dalam program penanggulangan TB-HIV dan TB MDR.  

Program Penanggulan TB, TB-HIV dan TB MDR adalah suatu rangkaian kegiatan yang berupaya untuk menggulangi penyakit  TB, TB-HIV dan TB MDR  yang tujuannnya adalah untuk memutus mata rantai penularan dan menjadikan kawasan Bandar Lampung bebas dari penyakit  TB, TB-HIV dan TB MDR.

Kerja sama ini berprinsip pada kemitraan , saling mendukung, dan saling membagi peran dengan menempatkan  kepentingan bersama sebagai proiritas utama , dan bertujuan untuk kesehatan dan kemaslahatan masyarakat kota Bandar Lampung.

Pihak kesatu dan kedua memiliki hak dan kewajiban yaitu : Pihak kesatu memiliki tugas utama untuk mencari, mengajak serta mengawasi masyarakat yang ada di kota Bandar Lampung yang diduga atau menderita penyakit TB, TB-HIV, dan TB MDR dan diperiksakan  oleh fasilitas kesehatan ( puskesmas dan rumah sakit ) yang ada di kota Bandar lampung. Pihak kedua Memberikan ruang kepada pihak kesatu berupa kesempatan untuk berpartisipasi dalam upayan membebaskan masyarakat dari penyakit TB, TB-HIV dan TB MDR. Pihak kedua dalam tanggung jawabnya terhadap penanggulangan penyakit TB, TB-HIV, dan TB MDR Agar memerintahkan kepada seluruh fasilitas kesehatan yang mana fasilitas kesehatan tersebut berada pada jalur perintahnya , agar menerima, melayani, dan memeriksa setiap masyarakat yang datang ke fasilitas kesehatan tersebut didampingi oleh pihak kesatu dan atau oleh orang yang ditugaskan oleh pihak kesatu

Perjalanan tahun 2016 dari 76 kader yang dimiliki oleh SSR kota Bandar Bandar Lampung telah membantu Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dalam penanggulangan penyakit TB, TB-HIV, TB MDR  Sebanyak 21 % dari capaian 67 %  Dinas Kesehatan. Adapun fasilitas yang ada dengan 30 puskesmas dan 2 rumah sakit , SSR Kota Bandar Lampung memakai 18 puskesmas dan 2 rumah sakit yang ada di 13 kecamatan.

Melalui ide kreatif dari SR Wilayah Lampung dengan program 17.000 ketuk pintu rumah masyarakat telah memfamilierkan gerakkan penanggulangan dan cegah penyakit TB, TB-HIV, TB MDR. Untuk SSR Kota Bandar Lampung mendapak lokasi 2280 pintu, dalam hal ini mendapatkan 398 terduga dan 27 positif, program ini berlangsung selama 5 hari. Dan sekarang tengah berlangsung grebeg pasar dalam usaha mendatangi kantong-kantong masyarakat yang diduga terkena penyakit TB, TB-HIV, dan TB MDR.

SEMOGA SENANTIASA DIJAGA ALLAH KERJA SOSIAL KEMANUSIAAN INI......SEHINGGA MISI 'AISYIYAH UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL TERCAPAI, DAN YANG LEBIH PENTING 'AISYIYAH DAPAT BERSINERGI DENGAN SIAPAPUN DALAM MEWUJUDKAN GERAKKAN PEREMPUAN BERKEMAJUAN....

 

 

 

 

 

Shared Post: